Atasi Batuk dengan Daun Suji



Huuuuf batuk menyiksa...sudah seharian batuk gak berhenti, beruntung saya menemukan cara yang cepat dan sehat tanpa efek samping. Ketika saya mengunjungi tempat saodara ternyata sodara saya sedang membuat ramuan untuk mengobati batuk, nah disinilah saya belajar membuat ramuan tradisional ini. Di8 sini saya akan memberikan resep dan cara membuat ramuan tradisional untuk obat batuk.

Berikut Bahan-bahan dasarnya;

- Daun Suji 7 lembar
- Daun Sirih 5 lembar
- Jahe 1 batang
nb`: Tidak memakai jahe tidak masalah disini saya menambahkan jahe agar lebih hangat di badan.
Daun suji hampir mirip seperti daun pandan, daun suji lebih kecil.
 

Tapi sebelumnya ini kandungan yang terdapat pada daun suji dan daun sirih:

Kandungan zat di Dalam Daun Suji

Daun suji memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan ini, tidak lepas dari kandungan yang ada dalam daun suji tersebut. Berikut ini berbagai macam kandungan yang ada dalam daun suji :
  • Saponin
  • Alkaloid
  • Tanin
  • Polifenol
  • Flavonoid
sumber http://manfaat.co.id/manfaat-daun-suji


Daun Sirih mengandung flavonoid, polifenol, alkoloid, tanin,     minyak atsirih, sapononin, allylprokatekol, karvokol, eugenol, p-cymene, cineole, coryofelen, kadimen, ekstragol, terpenana, dan propoda.

sumber https://healthtonature.blogspot.co.id/2016/06/piper-crocatum-daun-sirih-merah_28.html 

Cara membuat ramuan obat batuk tradisional:

- Daun suji cuci bersih  
- Daun sirih cuci bersih 
- Jahe cuci bersih lalu geprek jahe tersebut
- Rebus 4 gelas air hingga mendidih
- Setelah air mendidih masukan daun suji, daun sirih dan jahe, tunggu hingga air   menyusut hingga kira-kira menjadi 2 gelas kemudian angkat, lalu saring air tersebut masukan ke dalam gelas` Sajikan untuk 2 gelas`

Ramuan ini sudah saya coba dan sangat ampuh untuk batuk berdahak, terimakasih semoga bermanfaat untuk anda. Selamat mencoba`

healthtonature.blogspot.com  

No comments

herbal