Daun Sambiloto Atasi Kencing Manis dan Sakit Gigi

                                                                                                                           sumber gambar indonews.com

Tanaman Sambiloto sangat membantu sebagai obat herbal utama yang bisa diandalkan untuk membasmi penyakit dalam tubuh kita , dengan tanaman herbal ini sangat meminimalkan efek samping yang terjadi pada tubuh, saat mengkonsumsi dan mengobati, dan bahkan survey membuktikan tanaman herbal ini dapat dikonsumsi setiap hari , karena khasiat dari tanaman herbal ini di percaya bisa membantu dan membasmi penyakit yang sangat menakutkan di tubuh kita, contoh penyakit yang selalui menghantui kita adalah Diabetes.

mengobati kencing manis dengan sambiloto


Siapkan daun sambiloto segar kira-kira sebanyak 1/2 genggam kemudian dicuci sampai bersih dan direbus dengan menggunakan 3 gelas air bersih hingga tersisa dua seperempat gelas. Setelah dingin kemudian disaring, setelah itu diminum setelah makan 3 kali dalam sehari masing-masing 3/4 gelas.
 
Mengobati sakit gigi dengan sambiloto
Untuk ketiga penyakit diatas siapkan daun sambiloto yang masih segar sebanyak 9 hingga 15 gram direbus dengan menggunakan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas saja. Setelah dingin kemudian disaring, setelah itu diminum 2 kali sehari masing-masing1/2 gelas saja. Untuk OMA, gunakan daun sambiloto yang masih segar yang telah dicuci kemudiandigiling hingga halus dan kemudian diperas.

Kandungan Nutrisi Sambiloto

Kandungan utama sambiloto adalah diterpen lakton andrografolida. Selain itu mengandung andrografin, panikolin, panikolida, serta antioksidan flavon.

Dosis  dan Cara Menggunakan Sambiloto

Dosis sambiloto relatif bervariasi hingga mencapai 1.200 mg. Dosis sambiloto adalah 40 mg per hari untuk mengobati masalah seperti sinusitis, demam dan tonsilitis. Sedangkan untuk anak-anak dengan gangguan sistem pernafasan bagian atas sekitar 30 mg selama maksimal 10 hari. Dosisi standar sambiloto dilihat dari kandungan andrografolida yaitu sekitar 4-6%.
Sambiloto memiliki rasa yang sangat pahit sehingga sulit untuk mengkonsumsinya secara langsung. Oleh karena itu sambiloto biasanya dikonumsi dalam bentuk kapsul atau tablet ekstrak. Sambiloto juga dapat dikonsumsi dengan cara direbus atau ditumbuk kemudian diseduh.



berbagai sumber

No comments

herbal