Nutrisi Kacang-Kacangan

Semua jenis kacang memiliki manfaat yang hampir sama bagi kesehatan. Asam lemak tak jenuh dan berbagai nutrisi yang terkandung di dalamnya,penting untuk tubuh. Untuk sebuah camilan yang menyehatkan, kacang mudah didapatkan dan aman dikonsumsi kapan saja.

Selain asam lemak tidak jenuh, kacang mengandung banyak nutrisi yang baik bagi tubuh. Nutrisi-nutrisi tersebut antara lain:
L-arginin
Arginin adalah asam amino yang dibutuhkan untuk produksi oksida nitrat. Fungsi oksida nitrat adalah untuk melebarkan pembuluh darah. Dengan kata lain, arginin dapat membantu dinding arteri lebih elastis dan mengurangi risiko terbentuknya sumbatan pada pembuluh darah.
Sterol
Sterol bisa membantu mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Produk-produk lain, seperti margarin, sering ditambahkan sterol agar lebih menyehatkan, tapi justru kacang sudah mengandung sterol secara alami.
Serat
Salah satu manfaat serat bagi kesehatan adalah membuat Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga bisa membantu upaya menurunkan berat badan. Manfaat lainnya adalah kemungkinan bisa membantu mencegah diabetes dan menyeimbangkan kadar kolesterol dalam darah.
Asam lemak omega 3
Inilah zat yang dapat membantu menyehatkan jantung. Irama jantung yang tidak normal bisa menyebabkan terjadinya serangan jantung. Tentu saja hal ini membahayakan jiwa. Asam lemak omega 3 dapat membantu mencegah terjadinya hal ini.
Vitamin E
Pembuluh darah dapat menyempit jika terdapat timbunan plak. Bila hal ini terjadi, peluang adanya penyakit arteri koroner dan serangan jantung, menjadi makin tinggi. Vitamin E pada kacang-kacangan dapat menurunkan risiko-risiko tersebut.

Jenis-Jenis Kacang yang Dapat Anda Konsumsi

Ada dua jenis kacang, yaitu kacang yang tumbuh di pohon dan kacang yang tumbuh di dalam tanah. Kacang yang tumbuh di pohon contohnya kacang almond, kenari, pecan, pistachio, kacang mete, dan walnut. Kacang yang tumbuh di tanah, contohnya adalah kacang tanah.
Hampir semua jenis kacang, termasuk kacang yang tumbuh di tanah, memiliki kelebihan yang relatif sama. Yang perlu diperhatikan adalah Anda disarankan mengonsumsi kacang tanpa penambahan apapun. Sebab, Anda mungkin tidak dapat mendapat manfaat kacang secara penuh bila Anda menambahkan garam, gula, atau cokelat.
Inilah jenis-jenis kacang yang bisa Anda jadikan menu sehari-hari atau sebagai camilan:
Pecan
Pecan mengandung antioksidan terbanyak jika dibandingkan dengan jenis kacang lainnya. Kandungan jumlah vitaminnya juga tinggi, yaitu mencapai 19 vitamin. Kacang ini disebut-sebut dapat memperlambat penyakit Lou Gehrig, yaitu penyakit saraf degeneratif yang umumnya terjadi karena bertambahnya usia.
Kenari           
Dengan mengonsumsi tujuh buah kacang kenari, Anda dapat memperoleh antioksidan sekitar dua hingga 15 kali lebih banyak dari vitamin E. Beberapa kacang lain hanya memiliki setengah kandungan antioksidan dibandingkan kenari.
Pistachio
Jenis kacang ini sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah karena mengandung zat yang dapat menambah tingkat antioksidan di dalam tubuh, antara lain beta karoten, gamma tokoferol, dan lutein. Selain melindungi dari keberadaan LDL sebagai kolesterol yang jahat, pistachio juga baik untuk menjaga kesehatan mata dan kulit.
Almond
Jika Anda sedang menjalani program penurunan berat badan, disarankan untuk mengonsumsi kacang almond. Almond membuat Anda merasa cepat kenyang berkat serat, lemak, dan protein yang dikandungnya. Jenis lemak yang ada pada kacang ini juga sama dengan yang terdapat pada minyak zaitun, yaitu lemak tak jenuh tunggal. Kelebihannya zat yang satu ini disebut-sebut bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung.
Kacang tanah
Meski berbeda dengan jenis-jenis kacang sebelumnya, kacang tanah termasuk bermanfaat juga. Anda dapat memanfaatkan kandungan protein dan lemak tak jenuhnya untuk kebaikan jantung.
Anda dianjurkan untuk lebih memerhatikan pengolahan kacang. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa banyak mengonsumsi makanan yang digoreng mungkin berdampak buruk bagi kesehatan. Kolesterol tinggi, obesitas, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung, adalah penyakit-penyakit yang biasa dikaitkan dengan pola hidup mengonsumsi makanan yang digoreng. Penelitian ini masih mengalami pertentangan. Namun, berapa ahli medis menganjurkan Anda menggoreng menggunakan minyak zaitun,yang mungkin dapat melindungi jantung dengan antioksidan yang dikandungnya.

http://www.alodokter.com/di-balik-kegurihannya-terdapat-manfaat-kacang-yang-melimpah

No comments

herbal