Gandum Baik Untuk Penderita Jantung dan Diabetes

Gandum memiliki kandungan karbohidrat yang hampir atau setara dengan nasi. Gandum memiliki kandungan karbohidrat 60% hingga 80%, mineral 1.5 %  hingga 2%, protein 6% hingga 17% , lemak 1.5% hingga 2%, dan kandungan sejumlah vitamin lainnya. Selain kaya akan kandungan karbohidrat dan nutrisi, gandum juga bisa dijadikan sebagai makanan yang bermanfaat bagi kesehatan. Gandum dapat berperan menjaga kesehatan tubuh dari penyebab penyakit kronis, seperti penyakit diabetes, jantung koroner, dan hipertensi. 



Selain itu, kandungan serat yang tinggi di dalam gandum mampu mengontrol kadar kolesterol di dalam darah. Serat yang terdapat di dalam gandum dapat mengikat asam empedu dan lemak kolesterol yang akan dikeluarkan melaui feses. Serat di dalam gandum juga berfungsi sebagai zat anti kanker dan berperan sebagai pencegah penyakit jantung.

Gandum merupakan makanan yang memiliki kadar gula rendah. Hal itu akan membuat organ tubuh bekerja lebih ringan karena tidak perlu memproduksi insulin dalam jumlah banyak untuk mencerna dan  menyerap nutrisinya. Gandum juga mempunyai kandungan nutrisi seperti asam folat, niasin, magnesium, vitamin E, vitamin B2, dan vitamin B6.

Gandum Baik untuk penderita jantung dan kolesterol

Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa manfaat gandum lainnya adalah mampu mencegah penyakit jantung koroner. Seperti diketahui bahwa penyebab timbulnya penyakit jantung ini dikarenakan oleh tersumbatnya pembuluh darah yang menuju ke jantung karena adanya kolesterol (LDL). Akibatnya, darah yang mengantarkan oksigen dari paru-paru menuju jantung tidak berjalan dengan baik. Oleh karena itu, dengan mengkonsumsi rutin gandum kejadian tersebut dapat dihindari. Hal ini disebabkan karena pada gandum terdapat serat yang mampu mengikat kolesterol, dan langsung dibuang ke dalam saluran pembuangan (usus besar) tanpa diserap oleh usus halus. Gandum juga mengandung asam folat yang mampu mengurangi kelebihan kolesterol dalam darah.

 Gandum berkhasiat Mencegah penyakit diabetes

Gandum yang telah diolah menjadi beragam produk pangan umumnya memiliki kandungan gula yang rendah. Bahkan kandungan gula dalam berbagai produk gandum masih lebih rendah jika dibandingkan dengan sumber karbohidrat lainnya, seperti beras. Dengan begitu bagi anda yang mempunyai masalah dengan kadar gula darah seperti penderita diabetes,berbagai produk gandum dapat dijadikan alternatif dalam menu diet harian.Meskipun karbohidrat yang terkandung dalam gandum rendah, namun telah cukup untuk mensuplai energi untuk aktivitas sehari-hari anda. Terutama, baik untuk penderita diabetes tanpa takut merasa kuatir akan naikkan kadar gula darah.Selain kaya akan kandungan karbohidrat, gadum juga bisa menjadi salah satu yang bisa dijadikan referensi makanan sehat. Pasalnya, kandungan gandum yang sangat baik bisa menjaga kesehatan tubuh dari penyebab penyakit kronis (jantung, jantung koroner, hipertensi, dan diabetes).Seperti yang dikutip dari Healthmeup, ada beberapa manfaat dari mengonsumsi gandum. 
Berikut di antaranya:
 1. Mengonsumsi gandum akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Ini karena serat larut yang ada di dalam gandum cber manfaat memperlambat pencernaan karbohidrat, sehingga mengurangi lonjakan kadar gula darah, yang pada akhirnya tak akan mendesak Anda untuk selalu makan.
2. Mengonsumsi gandum secara teratur akan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh Anda. Ini karena gandum mengandung serat larut yang disebut beta glucan dan dikenal ber manfaat membantu mengurangi kolesterol dengan menghalangi penyerapan kembali kolesterol saat melewati sistem pencernaan.

3. Mengonsumsi gandum baik untuk menurunkan berat badan. Ini karena jumlah konsumsi gandum jauh lebih sedikit sudah bisa mengenyangkan.

4. Mengonsumsi gandum bisa ber manfaat untuk menyembuhkan sembelit. Hal ini karena gandum merupakan sumber serat yang dibutuhkan tubuh.

5. Mengonsumsi gandum baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Ini karena gandum mengandung jumlah lemak yang sangat sedikit dan rendah kalori.

6. Mengonsumsi gandum juga bisa membantu Anda mengurangi risiko tertular tekanan darah tinggi dan hipertensi. Hal ini karena gandum mengandung tingkat rendah natrium.

7. Gandum juga diketahui mengandung senyawa yang disebut phytochemical dan ber manfaat  mengurangi risiko seseorang terkena kanker.

No comments

herbal