Wortel Sehatkan Kulit dan Mata



Wortel merupakan salahsatu tumbuhan yang didalamnya mengandung banyak karbohidrat dalam jumlah yang banyak. Wortel memiliki rasa manis langu dan biasanya bagian wortel yang sering dimanfaatkan dan dikonsumsi yaitu pada bagian umbi atau bagian akarnya. Selain manfaatnya yang baik untuk mata, wortel juga masih memiliki manfaat untuk kesehatan lainnya termasuk untuk kesehatan rambut dan juga kulit tubuh Anda.
Wortel memiliki berbagai kandungan zat didalamnya, diantaranya kalori, lemak, hidrat arang, fosfor, kalsium, beta karoten, zat besi, vitamin B1 dan juga vitamin C. Kandungan tersebutlah yang membuat wortel menjadi salahsatu sayuran yang memiliki banyak manfaat.

Manfaat Wortel:

1. Baik untuk Mata
Kandungan vitamin A dan senyawa betakaroten yang ada didalam wortel dan juga lutein memiliki manfaat baik untuk meningkatkan penglihatan mata Anda. Selain itu manfaat dari senyawa ini mampu mencegah dari terjadinya penyakit glukoma, rabun senja sehingga mampu melindungi mata Anda.

2. Memperkuat Sistem Imun
Banyaknya nutrisi yang terkandung dalam wortel seperti anti-oksidan dan juga vitamin C memiliki khasiat yang baik bagi kekebalan tubuh seseorang sehingga tubuh mampu melindungi dari macam-macam penyakit yang menyerang.

3. Menyehatkan Pencernaan
Manfaat wortel selanjutnya yaitu menyehatkan pencernaan tubuh. Produksi cairan pencernaan dapat dirangsang dengan menggunakan wortel dengan cara mengkonsumsi jus wortel 20 menit sebelum Anda makan. Selain itu adanya serat larut pada wortel juga memiliki manfaat untuk meningkatkan kesehatan pada pencernaan Anda.

4. Membuat Kulit Bercahaya
Dengan adanya kandungan vitamin A dan juga anti-oksidan pada wortel membuat kulit tetap bercahaya, karena dengan mengkonsumsi wortel/jus wortel mampu membuang racun yang berada pada tubuh sehingga kesehatan tuubuh Anda tetap terjaga.

5. Mencegah Penuaan Dini
Selain kadnungan antioksidan yang ada pada wortel, juga mempiliki kandungan nutrisi lain yang bermanfaat untuk mencegah dari terjadinya penuaan pada  kulit. Dengan mengkonsumsi wortel secara teratur akan membuat garis-garis halus dan juga kkerutan yang ada pada kulit dapat tersamarkan. Selain itu dengan mengkonsumsi wortel secara teratur juga dapat meningkatkan prodksi kolagen yang ada pada kulit sehingga kulit Anda tetap kencang.

Wortel sering kita jumpai di beberapa campuran bahan makanan dan sering kita jumpai dalam bentuk jus sehat.


sumber hariansehat.com

No comments

herbal