Manfaat Buah Sawo

Mengandung kalori tinggi

100 g buah sawo matang menyediakan 83 kalori . Selain itu, sawo juga merupakan sumber serattinggi ( 5,6 g/100g ) , sehingga juga bermanfaat untuk pencahar yang sangat baik . Kandungan serat akan membantu untuk meringankan sembelit, serta membantu melindungi selaput lendir usus besar dari kanker karena dapat mengikat racun dan mengeluarkannya bersama feses.

Buah sawo kaya akan antioksidan polifenolik dan senyawa tanin .

Tanin adalah keluarga polifenol kompleks yang terjadi secara alamiah, yang dapat menetralisir asam oleh pencetus protein. Studi telah menemukan bahwa tanin terbukti memiliki potensi efek antiinflamasi, antivirus, antibakteri, dan antiparasit. Oleh karena itu, senyawa ini banyak diaplikasikan untuk obat anti diare, hemostatik ( menghentikan perdarahan ) dan sebagai obat untuk wasir.
Selain itu, efek antiinflamasi tanin juga dapat membantu kondisi seperti gastritis erosif, refluks esofagitis, enteritis, dan gangguan usus. Beberapa buah-buahan lain yang kaya tanin seperti buah delima, buah kesemek, anggur … dll.

Kaya antioksidan

Sawo mengandung vitamin antioksidan yang baik, seperti vitamin C (24,5 % dari asupan harian yang direkomendasikan per 100 g buah) dan vitamin A. Vitamin A penting untukkesehatan penglihatan, serta diperlukan untuk menjaga selaput lendir dan kulit agar sehat. Mengonsumsi buah-buahan alami yang kaya akan vitamin A telah diketahui dapat melindungi  dari kanker paru-paru dan kanker rongga mulut. Begitu juga, mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C akan membantu untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan radikal bebas berbahaya.

Sawo sumber vitamin dan mineral penting

Sawo matang merupakan sumber mineral penting seperti kalium, tembaga, besi dan vitamin seperti folat(Vitamin B9), niasin(Vitamin B3) dan asam pantotenat(Vitamin B5). Senyawa ini sangat penting untuk menunjang kesehatan agar optimal, karena sangat diperlukan dalam berbagai macam proses metabolisme dalam tubuh sebagai kofaktor untuk enzim .

tipscaramanfaat 


Manfaat buah sawo

1. Obat Diare

  • Ambil 15 tetes getah dari buah sawo yang masih muda, lalu seduh dengan setengah gelas air panas dan minum sekaligus setelah dingin atau hangat.
  • Cara kedua adalah satu buah sawo muda dicuci sampai bersih, kemudian diparut, diperas dan disaring. Bila perlu, tambahkan sedikit air matang. Selanjutnya diminum, 2 kali sehari.

16. Pembentukan Sel Darah Merah

Penelitian terbaru diketahui bahwa buah sawo juga mengandung asam folat 14mkg/100 g. Asam folat diperlukan bagi tubuh manusia  untuk membantu pembentukan sel darah merah.

3. Mengatasi Radang Mulut

Ambil satu mangkok daun sawo lalu cincang dan rebus dengan 2 gelas air bersih, selama 10 menit. Pakai air hasil rebusan untuk berkumur.

4. Menjaga Kesehatan Tulang

Di dalam buah sawo terkandung senyawa fosfor dan juga kalsium, sehingga baik bagi kesehatan tulang kita. karena tulang memang sangat membutuhkan fosfor dan kalium untuk menjaga kekuatannya. Jadi tulang kita bisa tetap sehat kini dan nanti saat hari tua.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Di dalam buah sawo terkandung vitamin A yang tinggi, sehingga jika anda mengkonsumsi buah ini anda akan mendapatkan manfaat yang baik bagi mata anda. Yaitu menyehatkan mata anda, jadi anda bisa mengkonsumsi buah yang lezat namun juga menyehatkan mata.

6. Pertumbuhan Tulang

Kita tahu bahwa protein baik bagi pertumbuhan apalagi bagi anak anak, nah anda bisa juga mendapatkan asupan protein dengan mengkonsumsi buah sawo.

7. Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Di dalam buah sawo terkandung vitamin E, kita tentu tahu kulit kita sangat membutuhkan vitamin ini. sebab dengan vitamin E kulit kita akan tampak lebih bersih, menjaganya tetap lembab dan mencegah penuaan dini atau keriput pada kulit.

8. Mencegah Kanker Usus

Buah Sawo memiliki kandungan serat yang tinggi, oleh karena itu buah ini baik untuk pencernaan di dalam usus. Karena mampu menyembuhkan penyakit sembelit dan bertindak sebagai pencegah serangan kaker di dalam usus.

manfaatbuahkesehatan


No comments

herbal