Kandungan dan Manfaat Okra



                                                                   sumber gambar: www.curejoy.com



Kandungan Okra:
Okra merupakan tanaman kaya protein dan serat.  Kandungan minyak yang terkandung pada biji okra sebesar  40%. Minyak biji okra kaya akan asam lemak tak jenuh seperti asam oleat dan asam linoleat. Buah okra mengandung protein sebesar  yaitu 3,9% dan lemak 2,05%. Energi di dalam 100 gram buah okra 40 kkal. Mineral di dalam buah okra adalah kalium ( 6,68%) dan fosfor ( 0,77%).
Okra termasuk sayuran hijau yang kaya serat pangan. Selain serat, okra juga mengandung glutation. Serat sangat penting bagi tubuh karena dapat mencegah konstipasi ( susah buang air besar ), obesitas, hiperkolesterolemia ( kolesterol tinggi ), diabetes ( kencing manis), dan kanker kolon ( usus besar).

Mempromosikan  Kehamilan yang Sehat.
Vitamin B sangat penting untuk memproduksi dan mempertahankan sel-sel baru, dan folat khususnya merupakan senyawa penting untuk kehamilan yang optimal. Vitamin ini membantu mencegah cacat lahir seperti spina bifida dan membantu bayi untuk dapat tumbuh opetimal. Vitamin C juga penting untuk perkembangan janin, dan okra kaya keduanya yaitu folat dan vitamin C. 

Okra,  Berkhasiat Untuk Mencegah Kanker
Warna hijau pada sayuran  okra, disebabkan adanya pigmen klorofil. Klorofil memiliki sejuta manfaat karena bersifat antiradang, antimutagenik, antikanker, dan antioksidan. Sebagian antimutagenik dan antikanker, klorofil dapat mencegah kanker hati dan kanker kolon.
Sebagai antioksidan, klorofil dapat mencegah oksidasi kolesterol jahat oleh radikal bebas, sehingga pembentukan plak pada pembuluh darah ( aterosklerosis) dapat dicegah. Klorofil juga dapat menyembuhkan luka tanpa disertai pembengkakan.

Cara Menggunakan Okra Untuk Penderita Gula Darah dan Kolesterol
  1. 3 atau 4 buah okra, dirajang tipis, direndam dalam 2 gelas air, lalu masukkan di kulkas selama kira-kira 3 (tiga) jam. 
  2. Hasil dari rendaman ini airnya menjadi berlendir.
  3. Selanjutnya diminum air nya saja, baik untuk diminum setelah makan.
  4. Setelah airnya habis diminum, tambah 2 gelas air lagi. 
  5. Hasil rendaman kedua ini lendirnya tambah kental. 
  6. Sejuk dingin rasanya, untuk minuman se hari-hari
  7. Irisan okra ini dapat direndam sampai 3 kali.
Bagi Penderita Asam urat dan kolesterol,  Sesudah 12 -14 hari, cek darah Anda di laboratorium. Bila hasilnya baik, mungkin bisa stop obat dokter, gunakan okra sebagai pengganti obat. 
Bagi pria yg sakit diabetes, impoten, minum rendaman Okra  ini sampai 1 bulan, dan rasakan hasilnya. Bagi yang sakit lutut kena Osteo Arthritis, sakitnya dapat mereda dengan minum air rendaman ini. 




http://waraanindyawan.wix.com/indohealth

No comments

herbal