Manfaat Jamur Kuping

Jamur kuping adalah jenis jamur yang mirip dengan telinga, karena itulah disebut dengan jamur kuping. Jamur ini termasuk dalam jenis jamur tak beracun, alias bisa dimakan. Jamur ini biasanya hidup di pedesaan dengan iklim yang tropis. Jamur kuping dapat tumbuh dengan baik di batang pohon yang hidup maupun mati. Konon katanya jamur kuping telah menjadi salah satu obat andalan dari berbagai obat traditional Cina dalam menyembuhkan berbagai penyakit dan kesehatan. Kandungan gizi baik yang ada dalam jamur kuping memberikan berbagai manfaat kesehatan  dalam menjalankan kehidupan yang sehat. Berikut adalah beberapa manfaat jamur kuping bagi kesehatan anda.

• Kaya akan zat gizi
Jamur kuping adalah salah satu tumbuhan yang mengandung banyak gizi. Jamur ini mengandung banyak protein, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin D.

• Sumber kalsium yang baik
Jamur kuping mengandung kalsium yang tinggi. Konon katanya, kalsium yang terkandung dalam jamur kuping ternyata dua kali lipat lebih banyak daripada kalsium yang ada pada susu. Karena kalsium yang terkandung dalam jamur kuping sangat tinggi, maka jamur ini sangat bagus untuk pertumbuhan anak. Kalsium juga sangat bagus untuk menjaga kesehatan tulang yang kuat,mendukung fungsi syaraf dan otot, dan membantu pembekuan darah.

• Sangat baik bagi paru-paru
Jamur kuping mengandung zat yang dapat meredakan kekeringan pada paru-paru dan meningkatkan sirkulasi dalam tubuh. Manfaat jamur kuping yang lain adalah dapat menyehatkan hati dan lambung.

• Mencegah anemia
Zat besi dalam jamur kuping adalah yang tertinggi dibandingkan dengan sayuran yang lain. Mengkonsumsi jamur kuping secara rutin akan memperkaya darah dan mencegah penyakit anemia.

• Menurunkan kolesterol
Dengan meminum air yang direbus api kecil selama satu jam dengan jamur kuping, diketahui dapat menurunkan kolesterol jahat.

• Melancarkan peredaran darah
Seperti yang dipaparkan sebelumnya. Jamur kuping adalah obat herbal cina yang dikenal sangat mujarab. Salah satu dari manfaat jamur kuping yang menjadikan namanya mencuat adalah melancarkan peredaran darah. Jamur kuping dipercaya dapat mengencerkan darah dan meningkatkan peredarannya. Penderita darah kental sangat dianjurkan untuk meminum ramuan jamur kuping agar darah yang kental dapat menjadi encer dan bersirkulasi dalam tubuh secara normal.

• Pemberantas Racun
Dengan mengkonsumsi jamur kuping, zat beracun yang ada dalam tubuh akan diberantas. Ini karena jamur kuping mengandung Pektin yang dapat menyerap debu di paru-paru dan sistem pencernaan, yang kemudian nantinya akan dikeluarkan secara bersamaan.

• Menurunkan tekanan darah
Mengkonsumsi air rebusan jamur kuping seperti halnya dengan cara menurunkan kolesterol juga dapat menurunkan tekanan darah.

Karakteristik Jamur Kuping
Ciri-ciri jamur kuping antara lain sebagai berikut :

  • Bentuknya menyerupai seperti mangkok, dan kadang-kadang terlihat seperti cuping telinga.
  • Memiliki berbagai warna diantaranya hitam, coklat kehitaman, ataupun coklat tua.
  • Memiliki diameter 2 hingga 15 cm dengan daging yang tipis dan kenyal.
  • Jamur kuping memiliki tekstur yang kenyal saat masih segar. Sedangkan jika dalam keadaan kering, jamur ini memiliki tekstur yang keras hampir seperti tulang.
  • Proses reproduksi vegetatif pada jamur ini adalah dengan cara bertunas, konidia, dan fragmentasi miselium. Sedangkan reproduksi generatif berlangsung dengan cara menggunakan alat yang biasa disebut dengan basidium untuk menghasilkan spora yang disebut basidiospora.
  • Siklus hidupnya hampir sama dengan siklus hidup jamur tiram dan shitake, yaitu menghasilkan spora dalam jumlah yang besar, bentuknya kecil dan ringan pada saat tubuh buah sudah menua.

Kandungan Gizi Jamur Kuping

Kandungan gizi yang ada dalam jamur ini terbilang cukup lengkap. Kandungan nutrisi yang terdapat pada jamur yaitu air, protein, lemak, karbohidrat, dan juga serat. Pada jamur kuping terdapat pula berbagai macam vitamin dan mineral. Jenis vitamin yang ada dalam jamur kuping ialah thiamin, riboflavin, niacin, asam pantotenat, vitamin B6, dan folat. Serta kandungan mineral yang terdapat pada jamur kuping seperti kalsium, besi, magnesium, fosfor, kalium, dan natrium. Kandungan nutrisi dan gizi tersebutlah yang menyebabkan jamur jenis ini sangat bermanfaat bagi kesehatan.

No comments

herbal