Piper Crocatum - Daun Sirih Merah

                                                                                                    sumber gambar: sirihmerah.org
Sirih merah atau Piper crocatum memiliki banyak manfaatnya. Selain menyembuhkan berbagai gangguan penyakit, manfaat daun sirih merah juga digunakan dalam acara-acara keraton dan digunakan para putri untuk menghaluskan kulit. Seiring dengan penelitian yang dilakukan terhadap sirih merah ini, ditemukan bahwa sirih merah mengandung flavonoid, polifenol, alkoloid, tanin,     minyak atsirih, sapononin, allylprokatekol, karvokol, eugenol, p-cymene, cineole, coryofelen, kadimen, ekstragol, terpenana, dan propoda.

Senyawa flavoid dan polifenol sendiri berguna sebagai antioksidan, antiflamasi, dan antidiabetic. Sementara itu, senyawa alkaloid sangat baik untuk menghambat pertumbuhan sel-sel kangker. Rebusan daun sirih merah yang diberikan pada tikus putih yang terkena diabetes juga ternyata mampu menurunkan kadar gulanya. Hal ini merupakan salah satu bukti bahwa sirih merah dapat digunakan sebagai pengontrol gula darah dalam tubuh penderita diabetes mellitus. Kandungan senyawa karvakol dalam sirih merah memiliki manfaat sebagai desinfektan dan antijamur, Sangat baik jika digunakan sebagai obat kumur dan obat keputihan.

Berikut beberapa manfaat daun sirih :

1. Obat payudara bengkak
Daun sirih dapat mengobatai payudara yang bengkak setelah menyusui. Bakar daun sirih merah hingga layu dan tempelkan pada area payudara yang bengkak selagi daun masih hangat. Senyawa allylprokatecol dan karvakrol akan membantu meregangkan otot payudara yang meradang karena terlalu banyak mengeluarkan ASI.

2. Mengobati tumor
Senyawa antioksidan, flavonoid, dan terpenoid yang ada pada sirih merah meningkatkan kekebalan tubuh seseorang. Ketika sistem imun meningkat, maka sel darah putih tubuh akan mampu mengahancurkan zat karsinogenik atau tumor berbahaya dari tubuh.

3. Mengobati diabetes
Anda dapat mengobati penyakit diabetes yang di derita dengan mengkonsumsi rebusan daun sirih merah. Kandungan terpenoid, klavicol, eugenol, dan pycene akan membantu kinerja insulin dalam mengatur kadar gula darah.

4. Obat mata merah
Kandungan senyawa alkaloid berperan sebagai anti bakteri dan anti radang, yang akan meredakan mata merah akibat iritasi. Cara pembuatan obatnya juga cukup mudah :
  • Siapkan 20 lembar daun sirih merah
  • Rebus dengan air hingga mendidih
  • Saring air rebusan
  • Gunakan sebagai kompres mata
  • Atau gunakan untuk membasuh mata sekitar 10 menit
5. Obat gusi berdarah
Sebagai obat gusi berdarah kandungan saponin, tanin, mineral kalsium dan fosfor akan meredakan peradangan yang terjadi saat gusi mengalami pendarahan. Langkah pembuatan obatnya :
  • Siapkan 10 lembar daun sirih merah
  • Rebus dengan air hingga mendidih
  • Saring air dan didinginkan
  • Gunakan untuk berkumur, untuk hasil yang efektif lakukan sebanyak 3 kali sehari
6. Mengobati Penyakit Sfilis
Manfaat daun sirih mampu mengobati penyakit sfilis, caranya mudah siapkan 25-30 lembar daun sirih bersama tangkainya, 1/4 kg gula aren dan garam dapur secukupnya. Semua bahan tersebut direbus bersama dengan 2 liter air sampai mendidih, kemudian disaring. Ramuan tersebut diminum 3 kali 1 hari secara terus menerus.

7. Bronkhitis
Sediakan 7 lembar daun sirih dan 1 potong gula batu. Daun sirih dirajang, kemudian direbus bersama gula batu dengan air 2 gelas sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas, dan disaring. Ramuan tersebut diminum 3 kali sehari 3 sendok makan.

8. Mengatasi Diare
Diare merupakan salah satu penyakit yang dapat membuat anda bolak-balik ke kamar mandi, jika anda mengalami diare anda dapat mencoba mengatasinya dengan menggunakan daun sirih dengan cara mengambil 6 lembar daun sirih, 6 butir merica dan 1 sendok makan minyak. Kemudian tumbuk ketiga bahan tersebut hingga lembut, kemudian gosokkan pada perut penderita diare.

 Itulah beberapa manfaat daun sirih merah, semoga apa yang kami tulis bermanfaat untuk anda. Terimakasih.

healthtonature.blogspot.com  

No comments

herbal