Manfaat Vitamin B Kompleks

Tubuh seseorang tidak dapat memproduksi vitamin B kompleks secara alami. Oleh karena itu, untuk mencukupi asupan nutrisi ini Anda harus mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B kompleks. Sebelum membahas mengenai manfaat vitamin B kompleks, berikut adalah daftar makanan sumber vitamin B kompleks.
Daftar makanan sumber dari vitamin B Kompleks
  • Sayuran
Yang pertama adalah sayuran. Sudah menjadi rahasia umum jika sayuran memiliki banyak vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Daftar sayuran yang kaya akan vitamin B Kompleks antara lain asparagus, kale, sawi hijau, bayam, terong, rebung, jamur, lobak, jagung, mentimun, buncis, brokoli, wortel dan juga seledri.
  • Buah-buahan
Selain sayuran, buah-buahan juga merupakan makanan kaya akan vitamin salah satunya yaitu vitamin B kompleks. Tak hanya dapat dikonsumsi secara langsung saja, buah-buahan juga sangat nikmat ketika dibuat jus ataupun sebagai bahan makanan lainnya. Buah-buahan yang merupakan sumber vitamin B kompleks adalah alpukat, apel, melon, pisang dan juga bluberi.
  • Daging dan olahan hewan
Daging merah merupakan sumber dari vitamin B yang paling lengkap bagi tubuh. tak hanya itu saja kandungan zat kreatin dalam daging merah dapat membantu vitamin B untuk mengolah karbohidrat menjadi energi, mencegah kekurangan gizi serta dapat menjaga sistem kesehatan mental. Olahan hewan lainnya yang mengandung vitamin B adalah dada ayam, ikan sarden, ikan salmon, susu sapi dan juga telur.
  • Kacang-kacangan
Vitamin B juga dapat diperoleh dari jenis kacang-kacangan. Kacang-kacangan yang merupakan sumber vitamin B terbaik adalah kacang almond, kacang tanah dan juga kacang mete.

Manfaatnya:

Menjaga Pencernaan

Kegunaan dari vitamin B kompleks selanjutnya adalah menjaga pencernaan. Pencernaan yang baik tentunya dapat mencegah tubuh terhindar dari penyakit seperti konstipasi, wasir dan juga BAB tidak lancar. Vitamin B yang bermanfaat untuk mengatasi hal ini adalah vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3 dan juga vitamin B6. Selain itu, vitamin tersebut juga dapat membantu pemecahan lemak, karbohirat, protein serta dapat membatu produksi asam klorida (HCL).

Memproduksi Energi

Energi digunakan olah setiap manusia untuk mengerjakan segala aktivitas mereka. Untuk mendapatkan hal ini tubuh memerlukan vitamin B kompleks. Hal ini karena vitamin B1 digunakan oleh tubuh untuk membantu mengubah karbohidrat menjadi glukosa. Untuk melakukan hal ini dibutuhkan vitamin B lainnya seperti vitamin B2, B3, B5,B6 dan juga B7. Sehingga jika seseorang kekurangan vitamin ini ia akan merasa lesu, mudah lelah dan tak bersemangat.

Menjaga sistem saraf dan tubuh

Manfaat vitamin B kompleks selanjutnya adalah dapat menjaga sistem saraf dan tubuh agar tetap sehat. Vitamin B 1, B6 dan B12 berguna untuk mengatur seluruh saraf agar bekerja dengan benar. Vitamin B5 memiliki peranan agar kelenjar adrenal bekerja dengan baik untuk memproduksi beberapa hormon dan zat pengatur saraf. Sedangkan vitamin B9 (asam folat) sangat penting bagi ibu hamil. Bagi ibu hamil asam folat mencegah bayi lahir cacat, mencegah stres dan juga cemas.

Menjaga kesehatan rambut dan kuku

Vitamin B komplek juga sangat penting untuk DNA, RNA dan juga reproduksi sel tubuh. kekurangan vitamin B dalam tubuh dapat menyebabkan kuku mudah pecah, rambut rontok,  berjerawat, kulit kering dan kusam.

No comments

herbal